Setiap kali ketika kita merasakan komputer kita lag pasti yang pertama kita lakakukan adalah merefresh desktop kita secara berkali – kali mitosnya sih supaya komputer lebih fresh dan tidak lag, sebenarnya itu tidak sepenuhnya benar.
Merefresh denga cara mengklik kanan mouse lalu memilih Refresh atau menekan tombol F5 berkali – kali itu sama saja, hal itu bukan membersihkan atau menghilangkan komputer dari lag yang ada malah ketika merefresh membuat CPU anda lebih bekerja keras padahal ini merupakan kebiasaan yang tidak benar.
Pertama kebiasaan ini muncul banyak dari pengguna system operasi Windows yang hanya ikut – ikutan dari melihat orang ataupun sanak saudaranya tentunya mungkin mereka menganggap ini hal yang benar. Sebenarnya hal ini sangat berdampak buruk dan bahkan ketika melakukan Refresh komputer anda makin lag.
System tidak meresponds atau kita biasa sebut lag ini terjadi karena RAM & Processor sedang melakukan kerja keras karena proses yang kita jalankan hal ini dapat diatasi dengan menambah kapasitas RAM & Processor bukan malah merfresh berkali – kali perlu anda ketahui bahwa merefresh berkali – kali dengan mengklik kanan mouse di dekstop lalu memilih refresh atau menekan F5 adalah hal yang tidak menghilangkan lag pada komputer anda.
Faktanya bahwa ketika kita merefresh adalah :
  1. Komputer kita melakukan kerja lebih keras dan jika di lakukan pada saat system tidak meresponds adalah terjadinya crash atau mungkin jangka waktu responds dari system akan lebih lama di karenakan proses system lagi sibuk eh malah di tambah lagi ama merefresh.
  2. Tidak akan menghilangkan lag, yang ada makin tambah lag.
Dan jika anda tidak percaya silahkan lakukan uji coba sendiri dengan cara :
  1. Buka Task Manager pada Windows anda dengan cara menekan CTRL + ALT + DEL lalu liat tab Performance.
  2. Jangan tutup task manager lalu lakukan refresh berkali – kali dengan mengklik kanan pada mouse di desktop atau menekan F5 pada keyboard berkali – kali.
  3. Lihat apa yang terjadi. Statik dari pada CPU Usage akan bertambah dan jika anda melakukan hal tersebut ketika lag kemungkinan system akan sangat sibuk dan menambah jangka waktu dari waktu tidak meresponds system.
Lalu bagaimana cara agar komputer tidak lag ? Caranya bermacam – macam dan salah tiga nya adalah berikut :
  1. Upgrade Processor & RAM komputer anda.
  2. Jangan buka banyak program berlebihan, ingat ram dan processor anda terbatas.
  3. Selalu bersihkan PC anda dengan CCleaner.